Senin, 10 Mei 2010

Modul PAK kelas X semester 1

Mengenal Agamaku

No

Pertanyaan

Jawaban


1

Apa yang kamu ketahui tentang agama

  1. Bicara tentang Tuhan
  2. Iman tentang Tuhan
  3. Ajaran tentang Tuhan

2

Anda beragama saat ini karena

  1. Banyak temannya
  2. Ikut orang tua
  3. Iman kepercayaan sendiri

3

Saat ini Anda beragama ?

  1. Kristen d. Budha
  2. Katolik e. Islam
  3. Hindu f. Khong hu cu

4

Apa alasan Anda memeluk suatu agama?

Jawaban :

5

Apa harapan Anda dengan mata pelajaran Agama?

Jawaban :


6

Uraikan dengan singkat cara hidup agama Anda !

Jawaban :


Selamat pagi Bapa, Putra dan Roh Kudus

Selamat pagi Bapa

Seamat pagi Yesus

Selamat pagi Roh Kudus

Trimakasih, atas anugrahMu, semalam tlah berlalu

Ku memuji, ke bersyukur, ku muliakan namaMu

Allah Bapa Putra dan Roh Kudus

Trimakasih

Yesus

Yesus....Yesus....Yesus...Yesus

Yesus....Yesus...Yesus........................................................

Yesus .... Yesus.... Yesus..... Yesus

Yesus.... Ye.....sus .... Yesus

TEMA 1 : MANUSIA MAKHLUK PRIBADI : SIAPA SAYA

Bagaian 1 : Aku Pribadi Yang Unik

A. Kartu Identitas Diri

Nama Lengkap : ...................................

Nama Panggilan : ...................................


No

Ciri – Ciri

Keterangan

1

Fisik

- Warna Kulit

- Rambut

- Muka

- Ukuran Vital

- Mata

- Hidung

- Badan

- Kaki / tangan

- Ciri – ciri lain

2

Karakter / Psikologis

- Kepandaian

- Ketrampilan

- Hobby

- Sifat yang menonjol

- Sifat yang dibenci

- Sifat yang disukai

- Sifat-sifat lain

3

Pengalaman Hidup

- Lahir

- SD

- SMP

- Pengalaman yang sangat mempengaruhi hidup

1. ................................................................................

2. ................................................................................

3. ................................................................................

B. Alasan Manusia dicptakan Tuhan dengan unik dan istimewa

1. Waktu merencanakan manusia, Allah merencanakan dan menciptakannya menurut gambar dan rupanya. Menurut CitraNya (lih Kej 1 : 26)

2. Waktu menciptakan manusia, Allah seolah-olah perlu “bekerja” secara khusus. “Tuhan Allah membentuk manusia dari debu dan tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya”. (Kej 2 : 7)

Evaluasi :

1. Sebutkan ciri – ciri fisikmu yang khas!

2. Sebutkan kemampuan-kemampuanmu yang menonjol!

3. Manakah sifat-sifatmu yang dipuji oleh teman-temanmu?

4. Sebutkan pengalaman-pengalaman khas yang berpengaruh bagi jalan hidupmu!

5. Susunlah sebuah doa sebagai tanda syukur untuk kekhasanmu!

6. Bacalah Mazmur 139! Tentukan maksud yang terkandung dari bacaan tersebut!

Jawaban :

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________kerjakan disebaliknya

Bagian 2 : Aku Memiliki Kelebihan dan Kekurangan

Secara de facto kekurangan dan kelebihan secara fisik dan psikologis dimiliki oleh semua orang, hal ini terbentuk karena:

  1. Keturunan atau pengaruh lingkungan
  2. Sikap menerima keadaan diri seperti adanya, sambil berjuang untuk mengembangkannya
  3. Potensi – potensi dan keunggulan dalam diri kita
  4. Kekurangan – kekurangan dan berbagai cacat yang kita miliki

Refleksi : (kerjakan disebaliknya)

  1. Sebutkan bakat-bakatmu yang menonjol?
  2. Sebutkanlah sifat-sifat yang jelek yang sering menyusahkan dirimu sendiri dan orang lain! Mengapa menyusahkan?
  3. Dari mana berasal keadaan fisik kita?
  4. Dari mana kita memperoleh kemampuan-kemampuan dan sifat-sifat yang kita miliki pada saat ini?
  5. Dalam Injil Mat 25 : 14 – 30 terdapat perumpamaan Yesus tentang talenta. Apa kiranya maksud dari perumpamaan tentang talenta tersebut?
  6. Bagaimana kalian mengembangkan talenta-talenta yang kalian miliki?

Bagian 3 : Aku Diciptakan Sebagai Citra Allah

A. Apa Yang dimaksud Citra Allah

Citra Allah adalah : Memiliki kemampuan-kemampuan yang membuat manusia mirip dengan Allah.

B. Kemampuan yang dimiliki manusia

Manusia sejak lahir diberi kemampuan oleh Tuhan untuk menjalankan kehidpannya di dunia ini, kemampuan tersebut adalah

1. Kemampuan Akal Budi

Mengerti dan menyadari diri sendiri

Mengerti dan menyadari apa saja di luar dirinya

Dapat mengembangkan diri, membuat riwayat dan sejarah hidup

Dapat membangun hubungan yang khas dengan sesama

2. Kemampuan Berkehendak Bebas

Melakukan sesuatu dengan sengaja

Melakukan tindakan dan perbuatan moral

Dapat bertindak secara bertanggung jawab

3. Kemampuan menguasai

· Menguasai secara bertanggung jawab

Dengan adanya kemampuan – kemampuan tersebut, kiranya menjadi jelas bahwa manusia adalah makhluk yang istimewa dan unik. Manusia adalah makhluk yang berpribadi dan bermartabat. Manusia sungguh gambaran dan citra Allah. Oleh sebab itu, sesudah manusia diciptakan sebagai puncak ciptaan, Kitab Suci (Kej 1 : 31) menulis : “Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya sungguh amat baik!”

Pada pertemuan bagian 2 ini diputarkan film NICK, yang mengangumkan

Evaluasi :

  1. Apa artinya manusia adalah gambaran dan citra Allah?
  2. Bagaimana sikapmu terhadap kebenaran?
  3. Mengapa sesudah menciptakan manusia, dikatakan : “Maka Allah melihat segala yang dijadikanNya itu sungguh amat baik?”

Jawaban :

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________kerjakan disebaliknya

Bagian 4 :

Sebagai Citra Allah Aku dan Sesamaku adalah Saudara

Kita adalah sama-sama citra Allah. Namun betapa sering kita saling menciderai satu sama lain, sehingga citra Allah di dalam diri kita sungguh dilukai, seperti halnya kasus yang terjadi di Ambon, Sampit, Poso, Timur tengah, atau GAM, yang menimbulkan sikap diskriminatif dan fanatisme agama, etnis dan sosial.

A. Sebab-sebab terjadinya sikap Dikriminatif dan Fanatisme

1. Kebodohan, kekurangpahaman dan kepicikan

Penjelasan .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Perasaan terancam

Penjelasan ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

B. Jalan keluar untuk mengatasi sikap Diskriminatif dan Fanatisme

1. Bersikap dan berperilaku moderat (menjauhkan dari sikap berlebihan)

Penjelasan ......................................................................................................................................................................................................................................................

2. Berpola pikir pluralis

......................................................................................................................................................................................................................................................

3. Tidak mudah menghakimi

......................................................................................................................................................................................................................................................

4. Memecahkan masalah dengan “win-win solution” dan “non violent conflict solution”

......................................................................................................................................................................................................................................................

5. Keteladanan orang tua

......................................................................................................................................................................................................................................................

C. Alasan mengapa kita harus bersikap toleran terhadap sesama

1. Kesetaraan martabat

......................................................................................................................................................................................................................................................

2. Adanya Pluralitas atau kemajemukan adalah suatu kenyataan

......................................................................................................................................................................................................................................................

3. Adanya perbedaan

......................................................................................................................................................................................................................................................

4. Menegakkan Hukum Cinta Kasih

......................................................................................................................................................................................................................................................

Evalusi :

1. Mengapa sering timbul sikap diskriminatif dan fanatisme antara sesama warga dan bangsa?

2. Bagaimana cara mengatasi sikap fanatik dan diskriminatif?

3. Mengapa kita harus bersikap inklusif atau terbuka terhadap sesama yang berbeda suku dan agama kita?

Jawaban :

________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________kerjakan disebaliknya

Bagian 5 : Kepriaan dan Kewanitaan

A. Ciri – ciri kepriaan dan kewanitaan ditinjau secara Biologis

Antara pria dan wanita ada perbedaan yang mencolok terdapat pada rambut, mata, pipi, mulut, leher, pinggul, dan betis. Pada remaja putri kelihatan lebih halus, sedangkan pada remaja putra kelihatan kekar.

Perbedaan yang terdalam yang menjadikan pria sungguh pria dan wanita sunggih wanita adalah organ kelamin. Organ kelamin mulai bekerja sungguh-sungguh ketika manusia mulai berumur 12, 13,14 atau 15 tahun.

  1. Ciri organ kelamin wanita dan fungsinya :

No

Organ

Fungsinya

1

Indung telur (Ovarium)

Arti

2

Saluran – saluran telur

Arti

3

Kelentit

Arti

4

Rahim

Arti

5

Liang peranakan (vagina)

Arti

6

Selaput dara (Hymen)

Arti

Hal – hal lain yang perlu diketahui berkaitan dengan alat reproduksi wanita

a. Hormon Oesterogen : ________________________________________________________________________________________________________________________________

b. Hormon Progresteron

________________________________________________________________________________________________________________________________

c. Sel Telur

________________________________________________________________________________________________________________________________

2. Ciri organ kelamin Pria dan fungsinya :

No

Organ

Fungsinya

1

Kandung air mani

Arti

2

Kelenjar Prostat

Arti

3

Zakar

Arti

4

Saluran air mani

Arti

5

Anak buah pelir

Arti

6

Buah pelir (Testes)

Arti

Hal – hal lain yang perlu diketahui berkaitan dengan alat reproduksi pria :

a. Hormon Testoteron : ________________________________________________________________________________________________________________________________

b. Sel sperma

________________________________________________________________________________________________________________________________

c. Proses Ejakulasi

________________________________________________________________________________________________________________________________

d. Penyakit Kelamin

________________________________________________________________________________________________________________________________

B. Perbedaan antara pria dan wanita dari segi psikologis

No

Pembeda

Pria

Wanita

1

Cara Berpikir

2

Perasaan

3

Selera Seks

4

Sikap dan tindakan

C. Tingkat daya tarik dan cinta

1. Daya tarik dan cinta Jasmaniah adalah cinta yang tumbuh hanya karena soal-soal lahiriah. Misalnya gadis itu montok, berkulit kuning langsat atau pria yang cakep, kekar dsb. Cinta ini lebih pada sikap ego setiap pribadi jadi kalau aku butuh aku mencintai, kalau sudah tidak butuh orang lain itu aku buang.

2. Daya tarik dan cinta Rohaniah adalah cinta yang bersifat rohaniah dan timbul karena kemampuan seseorang dan karakter atau sifat seseorang.

3. Daya tarik dan cinta Pribadiah, yaitu ketertarikkan seseorang kepada orang lain karena pribadi orang tersebut, termsuk kebaikkan dan kekurangannya.

4. Daya tarik dan cinta Imani, yaitu cinta dimana Allah mendapat tempatnya. Orang percaya bahwa cinta dan sang kekasih adalah kurnia Tuhan. Tuhan menjadi pokok dan saksi dari cinta itu.

Evaluasi :

1. Bagaimana pendapatmu mengenai anggapan masyarakat tertentu yang mengatakan bahwa pria lebih bermartabat dari pada wanita?

2. Kepriaan dan kewanitaan bersifat saling melengkapi (komplementer). Jelaskan!

3. Sebutkan tindakan-tindakan konkret yang menunjukkan bahwa kalian menghormati pria dan wanita!

4. Jelaskan dari Kitab Suci bahwa pria dan wanita sebagai citra Allah!

5. Sebutkan ciri – ciri organ kelami wanita dan pria! Jelaskan pula fungsinya!

6. Sebut dan jelaskan perbedaan pria dan wanita secara psikologis!

7. Sebut dan jelaskan tingkat daya tarik dan cinta!

Jawaban

_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________kerjakan disebaliknya

Bagian 6 : Tugas Pria dan Wanita

A. Perendahan Martabat Kaum Perempuan

Perendahan martabat kaum perempuan sudah berlangsung lama, mungkin sejak sejarah awal umat manusia. Kaum perempuan senantiasa diposisikan lebih rendah. Para tokoh sepenjang perjalanan sejarah berpendapat sebagai berikut :

1. Plato : “Perempuan adalah degradasi laki-laki. Seorang laki-laki pengecut pada kelahirannya yang berikut akan menjadi perempuan.”

2. Aristoteles : “ Andaikata wanita punya jiwa, maka jiwa yang dimilikinya tidak sepenuh yang dimiliki laki-laki.”

3. Ferdinand Marcos : “ Saya tidak takut siapa pun, juga termasuk wanita. Tempat seorang wanita adalah tempat tidur.”

Bagaimana pendapatmu mengenai pendapat para tokoh tersebut di atas?

Posisi lebih rendah dari kaum wanita inilah yang menjadi sumber dari perlakuan tidak adil karena posisi tersebut mengkondisikan ketidakberdayaan wanita. Pranata sosial yang berdasar pada pandangan relasi timpang ini akan menciptakan berbagai macam diskriminasi yang akhirnya muncul dalam berbagai bentuk ketidakadilan gender.

Situasi yang paling mengerikan terjadi jika kamu perempuan sudah mati rasa sehingga mereka tidak mampu lagi untuk menyadari bahwa mereka menjadi korban ketidakadilan.

B. Sebab-sebab perendahan wanita

1. Budaya Patriarkhi, mengajarkan bahwa garis keturunan anak ditentukan oleh garis dari ayah, maka semua pranata sosial tentang kehidupan dilatarbelakangi oleh pandangan patriarkhi (laki-laki yang menentukan). Akibatnya kaum laki-laki berkuasa atas diri seorang perempuan.

2. Sementara itu, dizaman media ini wanita sering distereotip dan dieksploitasi untuk suatu kepentingan yang lebih bersifat ekonomis atau entertaiment (kesenangan).

Kondisi yang sangat menyudutkan wanita dapat dilihat dalam hal-hal sebagai berikut :

1. Wanita tidak mempunyai kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki berkenaan dengan pendidikan, lapangan pekerjaan atai promosi.

2. Wanita berperan ganda karena pembagian kerja menurut jenis kelamin. Jadi wanita yang bekerja tetap dituntut tanggungjawab atas kesejahteraan keluarga dan tugas di rumah.

3. Apa yang dikatakan oleh seorang pria dinilai lebih tinggi daripada yang dikatakan oleh wanita karena kedudukan dan martabat laki-laki lebih besar.

4. wanita lebih berperan sebagai pelaksana daripada sebagai pengambilan keputusan penentu program, atau struktur organisasi di dalam lembaga, perusahaan atau kelompok.

C. Peranan dan tugas pria dan wanita

1. Peranan dan tugas Pria

a. Melindungi dan menyejahterakan

Penjelasan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b. Menjadi kekasih dan partner

Penjelasan ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c. Menjadi “bapa” yang memberi benih kehidupan

Penjelasan ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Peranan dan tugas Wanita

a. Menciptakan keindahan dan keharmonisan

Penjelasan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b. Menerima, mengandung, melahirkan dan memelihara

............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c. Mengasihi tanpa pamrih

.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

D. Peranan / Tugas Pria dan Wanita sebagai Pasangan

Peranan pria dan wanita yang dijalankan secara bersama-sama sebagai pasangan adalah sebagai berikut :

1. Pria dan wanita (suami istri) bertugas untuk beranak cucu

Penjelasan : .................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Menguasai, menata dan melestarikan alam cipataan Tuhan

.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3. Cinta pria (suami) dan wanita (istri) harus menjadi tanda cinta Allah kepada umatNya dan cinta Kristus kepada GerejaNya.

.................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Evaluasi :

  1. Sebutkan dan jelaskan fakta-fakta perendahan peranan kaum wanita!
  2. Apa sebab atau alasan dari perendahan peranan kaum wanita?
  3. Apa peranan dan tugas pria dan wanita yang sesuai dengan kodratnya?
  4. Sebut dan jelaskan peranan pria dan peranan wanita!

Jawaban :

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________kerjakan disebaliknya

Bagian 7 : Hati Nurani

Pergumulan hati nurani seorang gadis

Ada seorang gadis cantik bernama Nia, yang baru duduk di bangku SMU kelas dua. Pada suatu hari, ia tiba-tiba menyadari bahwa apa yang ditakutinya selama ini sekarang terjadi pada dirinya. Ia mengandung. Padahal hubungan terlarang dengan pacarnya itu hanya terjadi sekali. Dalam kebingungannya, ia menceritakan keadaannya kepada pacarnya dan kepada kedua orang tuanya. Mereka semua terkejut, panic, malu dan terpukul. Dengan berbagai alasan, mereka mendesak Nia untuk selekas mungkin menggugurkan kandungannya. Tetapi Nia tidak mau dan tidak rela. Ia tahu menggugurkan kandungan itu dosa dan ia tidak rela membunuh benih hidup yang mulai bertumbuh dalam kandungannya. Namun karena dipaksa terus menerus oleh pacarnya dan segenap keluarganya, akhirnya Nia menyerah, walaupun bertentangan dengan hati nuraninya. Pada suatu hari, ia diantar oleh pacarnya dan orang tuanya, Nia pergi ke dokter yang dapat menggugurkan kandungan. Digugurkanlah bayi yang dikandungnya itu.

Sejak saat itu, hidup Nia tidak tenang dan tidak bahagia lagi. Ia selalu merasa dikejar-kejar perasaan bersalah dan berdosa yang tidak kunjung henti. Akhirnya pada suatu hari, ia meninggalkan rumah dan lingkungannya yang selau menyiksanya. Kepada pacarnya dan orang tuanya, ia hanya meninggalkan sepotong surat yang mengatakan bahwa ia sangat kecewa terhadap mereka yang dicintainya, karena mereka sampai hati memaksanya untuk menjadi seorang pembunuh.

Pertanyaan Refleksi (Jawablah di lembar sebaliknya)

  1. Bagaimana pendapatmu mengenai sikap Nia sesudah ia menyadari bahwa ia mengandung?
  2. Bagaimana pendapatmu mengenai sikap pacarnya dan orang tuanya?
  3. Apa yang dilakukan Nia terhadap kandungannya? Benar atau tidak ?
  4. Bagaimana bisikan hati nuraninya sendiri?
  5. Apakah kalian setuju dengan sikap Nia yang terakhir yang memutuskan segala hubungan dengan orang yang pernah dikasihinya?

Penjelasan

A. Arti dan makna Hati nurani

Hati nurani dapat diartikan secara luas dan secara sempit

1. Arti Luas

Hati nurani berarti kesadaran moral yang tumbuh dan berkembang dalam hati manusia. Keinsyafan adanya kewajiban.

2. Arti Sempit

Hati nurani merupakan penerapan kesadaran moral di atas dalam situasi konkret seperti yang dialami Nia dalam kisah tadi. Suara hati yang menilai suatu tindakan manusia benar atau salah, baik atau buruk. Hati nurani tampil sebagai hakim yang baik dan jujur, walaupun dapat keliru.

B. Segi-segi hati nurani

1. Segi waktu

a. Hati nurani dapat berperan sebelum suatu tindakan dibuat. Biasanya hati nurani akan menyuruh kalau perbuatan itu baik dan melarang kalau perbuatan itu buruk.

b. Hati nurani dapat berperan pada saat suatu tindakan dilakukan. Ia akan terus menyuruh jika perbuatan itu baik dan melarang jika perbuatan itu buruk atau jahat.

c. Hati nurani dapat berperan sesudah suatu tindakan dibuat. Hati nurani akan mamuji jika perbuatan itu baik dan hati nurani akan membuat kita gelisah atau menyesal jika perbuatan itu buruk atau jahat.

Buatah cerita pengalaman hidupmu tentang pelaksanaan hati nurani

2. Segi benar tidaknya

a. Hati nurani benar, jika kata hati kita cocok dengan norma obyektif

b. Hati nurani keliru, jika kata hati tidak cocok dengan norma obyektif

Contoh : seorang gadis dapat saja melaksanakan abortus, sebab menurut hati nuraninya perbuatan itu tidak salah. Padahal menurut norma obyektif perbuatan itu jelas salah.

3. Segi pasti tidaknya

a. Hati nurani yang pasti. Artinya secara moral dapat dipastikan bahwa hati nurani tidak keliru

b. Hati nurani yang bimbang. Artinya masih ada keraguan.

C. Pedoman yang dapat dipegang

1. Kata hati yang benar dan pasti, maka

a. Perbuatan yang baik dapat dan harus dilakukan

b. Perbuatan yang buruk harus dielakkan

2. Kata hati yang pasti, tetapi keliru, maka

a. Perbuatan yang baik dapat dan harus dilakukan misalnya seorang remaja merasa pasti bahwa hari senin adalah hari puasa, maka ia harus berpuasa, walaupun keliru

b. Perbuatan yang buruk harus dielakkan

misalnya seorang remaja merasa pasti bahwa mencium kekasihnya adalah dosa, maka ia harus mengelakkannya, walaupun keliru.

3. Kata hati yang tidak pasti

a. Seseorang dapat memilih yang paling menguntungkan. Misalnya hati nurani seseorang tidak merasa pasti apakah hari ini puasa atau tidak, maka ia boleh memilih yang menguntungkan dia.

b. Jika menyangkut nyawa seseorang, maka keselamatan nyawa itu harus didahulukan. Misalnya, jika seseorang tidak merasa pasti bahwa suatu cara KB bersifat abortif atau tidak, maka ia harus menolak cara itu, sebab menyangkut nyawa manusia.

D. Cara kerja hati nurani

1. Dalam hati manusia, sebelum ia bertindak atau berbuat sesuatu, ia sudah mempunyai suatu kesadaran atau pengetahuan umum bahwa ada yang baik dan ada yang buruk. Setiap orang memiliki kesadaran moral tersebut walaupun kadar kesadarannya berbeda-beda.

2. Pada saat-saat menjelang suatu tindakan etis, pada saat itu kata hati akan mengatakan perbuatan itu baik atau buruk. Jika perbuatan itu baik, kata hati muncul sebagai suara yang menyuruh. Namun jika perbuatan itu buruk maka kata hati akan muncul sebagai suara yang melarang. Kata hati yang muncul pada saat ini disebut prakata hati.

3. Pada saat suatu tindakan dijalankan, kata hati masih tetap bekerja, yakni menyuruh dan melarang.

4. Sesudah suatu tindakan atau perbuatan, maka kata hati muncul sebagai “hakim” yang memberi vonis. Untuk perbuatan yang baik, kata hati akan memuji, sehingga membuat orang merasa bangga dan bahagia. Namun jika perbuatan itu buruk atau jahat, maka kata hati kan mencela/menyalahkan, sehingga orang merasa gelisah, malu, menyesal, putus asa, dsb.

E. Fungsi hati nurani dan sikap kita terhadapnya

1. Fungsi Hati Nurani

a. Hati nurani berfungsi sebagai pegangan, pedoman, atau norma untuk menilai suatu tindakan, apakah tindakan itu baik atau buruk

b. Hati nurani berfungsi sebagai pegangan atau peraturan-peraturan konkret di dalam kehidupan sehari-hari.

c. Hati nurani berfungsi menyadarkan manusia akan nilai-nilai dan harga dirinya.

2. Sikap kita terhadap hati nurani

a. Menghormati setiap suara hati yang keluar dari hati nurani kita

b. Mendengarkan dengan cermat dan teliti setiap bisikan hati nurani

c. Mempertimbangkan secara masak dan dengan pikiran sehat apa yang dikatakan oleh hati nurani

d. Melaksanakan apa yang disuruh oleh hati nurani.

F. Contoh-contoh tumpulnya hati nurani dikalangan kaum remaja dan masyarakat

1. Di kalangan remaja

a. Kebiasaan menyontek

b. Pergaulan bebas sampai free sex

c. Mencintai kebudayaan asli dianggap kolot

d. Menganggap hina pekerjaan tangan

2. Di kalangan masyarakat

a. Kebiasaan menyogok, supaya urusan lekas selesai

b. Kebiasaan bersikap ABS (asal bapak senang) dan menjilat

c. Praktik riba dan rente

d. Praktik kebencian antar suku, agama, ras, golongan dsb.

e. Selain hati nurani bisa buta dan tumpul oleh pengaruh modernisasi atau globalisasi, hati nuraninya bisa juga bingung dan keliru.

G. Sebab-sebab tumpulnya hati nurani

1. Orang yang bersangkutan tidak biasa menghiraukan hati nuraninya

2. Orang yang selalu bersikap ragu-ragu atau bingung

3. Pandangan masyarakat yang keliru

4. Pengaruh pendidikan dalam lingkungan keluarga atau lingkungan lainnya

5. Pengaruh propaganda, mass media dan arus massa.

H. Cara – cara membina suara hati

1. Mengikuti suara hati dalam segala hal

a. Seseorang yang selalu berbuat sesuai dengan hati nuraninya, hati nurani akan semakin terang dan berwibawa

b. Seseorang yang selalu mengikuti dorongan suara hati, keyakinannya akan menjadi sehat dan kuat. Dipercayai orang lain, karena memiliki hati yang murni dan mesra dengan Allah. “Berbahagialah orang yang murni hatinya, karena mereka akan memandang Allah” (Mat 5 : 8).

2. Mencari keterangan pada sumber yang baik

a. Membaca kitab suci, dokumen-dokumen Gereja dan buku-buku yang bermutu

b. Bertanya kepada orang yang punya pengetahuan dan pengalaman

c. Ikut dalam kegiatan rohani, seperti rekoleksi, retret, dsb

d. Koreksi diri atau instropeksi

Evaluasi :

  1. Apa arti dari hati nurani?
  2. Apa fungsi hati nurani?
  3. Apakah hati nurani masih cukup berbicara dalam masyarakat kita dewasa ini? Jelaskan!
  4. Sebut dan jelaskan segi-segi dari hati nurani!
  5. Jelaskan bagaimana cara membina suara hati!
  6. Jelaskan mengapa hati nurani bisa tumpul!
  7. Buatlah sebuah cerita dimana Anda mendengar atau tidak mendengar hati nurani! Bagaimana tanggapanmu?

Jawaban :

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________kerjakan disebaliknya

Bagian 8 : Bersikap Kritis Terhadap Media Massa

Introduksi

Jawablah pertayaan berikut ini !

  1. Sebutkan media massa yang kamu ketahui!
  2. Jenis media mana yang sudah akrab di keluargamu?
  3. Sebutkan pengaruh positif dan negatif dari media massa tersebut bagi kehidupan belajarmu atau hidupmu!
  4. Sebutkanlah pengaruh negatif dari media massa pada masyarakat sejauh kamu amati! Jelaskan!

Media massa dan pengaruhnya

Ada tiga revolusi besar yang pernah terjadi di jagad raya ini, yakni revolusi agraris, revolusi industry dan revolusi informasi. Kita sekarang sedanga mengalami revolusi informasi. Karena berbagai kemajuan teknologi media, kita dibanjiri oleh arus informasi yang melimpah ruah dan tidak henti, hamper tanpa saringan. Informasi- informasi itu dapat berupa informasi yang baik dan membangun, tetapi juga dapat berupa informasi yang buruk dan merusak. Oleh karena itu, kita khususnya para remaja, harus memiliki sikap kritis terhadap semua informasi yang kita terima. Sikap kritis berarti dapat memilah-milah mana yang benar dan mana yang salah. Mana yang baik dan mana yang buruk; mana yang positif dan mana yang negatif.

A. Pengaruh Positif dari Media

  • Pengaruh dari teknologi media

Teknologi media membawa pengaruh tersendiri, walaupun mungkin tidak dimaksudkan oleh pemilik atau sponsor media itu. Pengaruh teknologi media dapat disebut antara lain sebagai berikut :

1. Teknologi media mendekatkan manusia satu sama lain. Ia dapat mendekatkan pikiran dan relasi kita. Pikiran dan relasi kita menjadi lebih terbuka kepada orang lain, kepada bangsa lain dan budaya lain, dsb.

2. Teknologi media dapat membuat kita terlibat pada peristiwa di belahan bumi. Kita terlibat pada gempa bumi di Jogja, tsunami di Aceh, piala dunia dsb.

3. Teknologi media menyajikan mutu dan pola pemberitaan yang semakin menarik. Pemberitahuan lewat satelit dan jaringan internet yang semakin marak.

4. Teknologi media dapat menyajikan gambar dan suara yang lebih canggih, seperti musik stereo, gambar tiga dimensi, dsb.

Sebutkan pengaruh teknologi media yang positif lainnya!

____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Pengaruh dari pemilik atau sponsor media

1. Pengaruh dari pemilik media, entah sponosr, entah lembaga negara, masyaralat dan Gereja dapat menggunakan media untuk menciptakan perhatian dan keprihatinan terhadap peristiwa yang terjadi di belahan bumi, seperti AIDS, narkotika dll.

2. Meida dapat digunakan untuk memberi informasi membentuk opini umum yang baik dan juga untuk mendidik. Media dapat digunakan untuk membela keadilan dan kebenaran.

3. Media dapat digunakan untuk hiburan, misalnya tarian, music, sinetron dll.

Sebutkanlah pengaruh media yang lainnya yang dapat digalakkan oleh sponsor media.

  • Pengaruh yang tidak disadari / dimaksudkan

1. Sadar tidak sadar, media sudah membentuk budaya baru. Kaum muda adalah massa yang terlibat penuh dalam budaya baru ini.

2. Sadar tidak sadar, media telah mengubah cara berpikir kita tentang hidup, tentang kebudayaan, dsb.

B. Pengaruh Negatif dari Media

Kita dituntut untuk bersikap kritis terhadap pengaruh negatif dari media. Pengaruh-pengaruh negatif dari media antara lain, sebagai berikut :

  • Pengaruh negatif yang disebabkan dari teknologi media sendiri.

1. Media telah membangun kerajaan dan kekuasaan yang sangat kuat. Siapa yang memiliki media dia yang kuat dan berkuasa. Yang kaya dan kuat menguasai yang lemah dan miskin.

2. media mencipatakan budaya baru ang gemerlap, budaya asli dan lokal perlahan-lahan tersingkir. Sebutkanlah contohnya!

  • Pengaruh negatif yang disebabkan oleh pemilik dan sponsor media

1. Media adalah bisnis, supaya bisnis dapat laku, maka digalakkan semangat materialisme, konsumerisme dan hedonisme.

2. lewat media dapat dibangun persepsi yang salah tentang kesejahteraan. Kesejahteraan berarti memiliki materi sebanyak-banyaknya. Manusia tidak lagi dinilai dari karakter dan dedikasi, tetapi dari apa yang dia miliki (rumah, mobil, uang dsb) seperti yang dipromosikan pada iklan-iklan di media.

3. lewat media dapat diciptakan stereotip tentang tokoh kecantikan, mode, dsb. Yang akan ditiru oleh khalayak ramai. Misal mode rambut, pakaian, dsb.

4. lewat media dapat diciptakan sensasi tantangan seks, kekerasan dan horor yang mungkin sangat disenangi oleh penonton.

5. pemilik, penguasa dan sponsor media dapat melakukan berbagai rekasa dan trik demi kepentingan bisnis dan politiknya.

  • Pengaruh yang tidak disengaja

Media juga dapat membawa efek yang merugikan, misalnya

1. jadwal hidup dan kerja kita menjadi tidak teratur. Banyak waktu tersedot untuk menonton atau mendengar siaran media. Komunikasi antar pribadi dalam keluarga berkurang.

2. Kecanduan dan keterlibatan pada kekerasan dan seks bebas sering ada hubungannya dengan siaran TV atau chatting di internet atau HP.

3. Arus urbanisasi sering disebabkan oleh tayangan yang glamour tentang kehidupan kota.

C. Murid – Murid Memetik Gandum Pada Hari Sabat (Mrk 2 : 23 – 28).

Pada suatu kali, pada hari sabat, Yesus berjalan diladang gandum, dan sementara berjalan murid-muridNya memetik bulir gandum. Maka kata orang – orang farisi kepadaNya: “Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari sabat? “ Jawab Yesus kepada mereka “Belum pernahkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya kekurangan dan kelaparan, bagaimana ia masuk kedalam Rumah Allah waktu Abyatar menjabat sebagai imam besar lalu makan roti sajian itu – yang tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam dan memberinya juga kepada pengikut-pengikutnya?” Lalu kata Yesus kepada mereka : “Hari Sabat diadakan untuk menudia dan bukan manusia untuk hari Sabat, jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.”

Jawablah pertanyaan dibawah ini

1. Siapa tokoh yang ada dalam bacaan tersebut?

2. Carilah kalimat mana yang mengesankan bagimu! Mengapa?Jelaskan!

3. Yesus bersikap kritis terhadap Hukum Taurat mengenai hari Sabat. Apa maksud ucapan Yesus : “Hari Sabat diadakan untuk menudia dna bukan manusia untuk hari Sabat?”.

Apa artinya kata-kata Yesus itu bagi kita?

Penjelasan

Pada zaman Yesus, belum banyak jenis media. Jenis media yang ada mungkin hanya buku atau kitab suci. Salah satu kitab yang sangat penting dalam mesyarakat Yahudi waktu bergama bagi orang-orang yahudi. Kitab itu sangat dihormati dan ditaati oleh masyarakat Yahudi. Kitab Taurat yang antara lain mengatur tentang kewajiban-kewajiban dan peraturan menyangkut hari Sabat, rupanya sudah banyak yang ditambah dan dimanipulasi oleh para agamawanpada waktu itu.

Pada awalnya, Hukum Taurat, khususnya tentang hari Sabat, dibuat demi keselamatan umat, tetapi kemudian ditambah-tambah dan dimanipulasi oleh para agamawan sehingga menjadi beban bagi umat. Banyak aturan yang dibuat-buat, misalnya kancing jubah yang terlepas pada hari sabat, tidak boleh dikancing kembali selama hari Sabat belum berlalu dan sebagainya.

Yesus menyikapi Hukum Taurat mengenai hari Sabat yang rupanya sudah dimanipluasi itu dengan kritis. Peraturan seperti itulah yang ditolak oleh Yesus. Hari Sabat adalah demi keselamatan umat, bukan sebaliknya, umat untuk hari Sabat.

D. Upaya-upaya untuk membina sikap kritis

1. banyak membaca buku tentang media

2. mengikuti pelatihan dan pendidikan media

3. melatih untuk melihat dan mendengar tayangan berbagai media dengan kritis.

4. bertanya dan belajar dari orang-oang yang tahu dan berpengalaman tentang media.

E. Evaluasi

1. Apakah pengaruh positif dan negatif dari media?

2. Bagaimana membangun sikap kritis terhadap media?

3. Buatlah satu iklan yang baik untuk Kitab Suci!

4. Buatlah sebuah puisi/lagu tentang keberadaan media di Indonesia!

Bagian 9 : Bersikap Kritis Terhadap Ideologi, Aliran / Paham Trend – Trend yang Berkembang

A. IDEOLOGI

Ideologi : keseluruhan pemikiran,cita rasa dan segala upaya terutama di bidang politik dan ekonomi.

Ideologi : falsafah hidup dan cara pandang terhadap sesama dan dunia.

B. Macam Ideologi

  1. Nasionalisme
  2. Marxisme
  3. Komunisme
  4. Teokrasi
  5. Neo-Liberalisme

C. Nasionalisme:

v Pandangan yang berpusat pada bangsa sendiri.

v Nasionalisme negatif/sempit:

nasionalisme yang mengagung-agungkan bangsa sendiri dan meremehkan bangsa lain.

v Nasionalisme positif:

nasionalisme yang mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa sekaligus menghormati kemerdekaan dan kedaulatan bangsa lain

D. Marxisme:

v Suatu kumpulan ajaran yang menjadi dasar sosialisme dan komunisme

v Tujuan utamanya adalah menghapus kapitalisme yang dianggap menyengsarakan kaum proletar (kaum buruh).

v Marxisme hanya percaya pada materi dan tidak percaya pada dunia kodrati termasuk pada Tuhan.

v Segi positifnya adalah perjuangan yang opsinya kepada kaum proletar

E. Komunisme

Mencita-citakan suatu sistem masyarakat dimana sarana-sarana produksi dilakukan berdasarkan asas bahwa setiap anggota masyarakat dapat memperoleh hasil sesuai dengan kebutuhan

F. Teokrasi

Sebuah paham yang menghendaki agama menguasai masyarakat politis.Negara menjadi negara agama.

G. Neo-liberalisme

Liberalisme adalah suatu paham dan gerakan yang memperjuangkan kebebasan dari penindasan.

Neo-liberalisme adalah paham kebebasan yang berkaitan dengan globalisasi dan pasar bebas.

Segi positif : memperjuangkan kebebasan dan HAM

Segi negatif : terjadi persaingan yang tidak seimbang karena yang kuat akan menang

H. Evaluasi :

  1. Sebutkan macam-macam ideologi!
  2. Jelaskan masing-masing ideologi tersebut!
  3. Apa pengertian dari ideologi?

Jawaban :

__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________________________________________________________

Tidak ada komentar:

Posting Komentar